Blog Jarang Update

Saturday, May 30, 2020

Sebelum postingan blog terakhir yang saya post tempo hari, saya belum pernah posting tulisan di blog ini pada tahun 2020 ini. Ya karena kadang malas untuk menulis catatan-catatan di sini. Beberapa waktu lalu, saya sering menulis di Quora (link id Quora saya: https://id.quora.com/profile/Ismail-Nur-Hidayat). Tapi sekarang lebih sering jadi pembaca saja alias silent reader.


Sepertinya platform Blogger memang sudah jarang digunakan oleh orang-orang. Apps Blogger di Play Store hanya diunduh 10 juta orang. Bandingkan dengan Instagram yang diunduh lebih dari 1 miliar orang.

Biasanya tulisan atau konten yang di-share di internet diharapkan oleh pembuatnya untuk mendapatkan feedback. Karenanya paltform seperti twitter, Instagram, atau Quora lebih nyaman bagi pembuat konten. Karena diplatform-platform itu orang bisa melakukan like atau comment, jadi antara pembuat konten dan penerima konten ada keterikatan dan bisa saling diskusi.

Blogger pun sebenarnya juga demikian, tapi konsep Blogger sejak awal memang tidak menekankan following dan tidak menampilkan halaman muka atau Feed tempat melihat update terbaru dari para penggunanya. Jadi antara pengikut blog dan pemilik blog berdiri sendiri dan tidak ditampung dalam suatu forum. Ini yang membuat Blogger berbeda dan terlihat old style.

Blog saya ini sudah ada adsense-nya, tapi tidak seberapa hasilnya. Sejak awal memang blog ini diniatkan buat catat mencatat saja biar tidak lupa kalau suatu waktu ada hal-hal yang mau diingat ulang atau diceritakan ulang. Jadi ya, kalau bisa update syukur, kalau tidak yang tidak mengapa.

You Might Also Like

0 comments