Rute Pilihan dan Wisata Alam yang Indah di Lombok

Senin, Oktober 10, 2016

Mau liburan ke Lombok tapi belum tahu rutenya? Berapa budget yang harus dipersiapkan? Dan wisata alam apa saja sih yang wajib dikunjungi dan dinikmati keindahan panoramanya? Berikut adalah rute, tempat wisata, dan perkiraan budget untuk Anda yang ingin berlibur ke Pulau Lombok.
Pulau Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang populer dengan berbagai keindahan spot wisata alamnya, seperti di antaranya: Gili Trawangan, Pantai Senggigi, Pantai Selong Belanak, Gunung Rinjani, dan Gunung Tambora. Jika berlibur ke Pulau eksotis yang satu ini, Anda akan terperangah dengan view alamnya yang memang sangat memesona. Sementara untuk menuju ke sana, Anda pun bisa leluasa dalam memilih rute yang paling disukai.

Gili Trawangan
Sumber: www.commons.wikimedia.org

Sekilas tentang Gili Trawangan..
Pantai yang menawarkan beragam aktivitas liburan ini selalu menjadi spot wisata tujuan para traveller. Saat malam hari di sekitar Pantai Gili juga aktifitasnya tak padam. Banyak juga penginapan dari tipe pondok, hotel berbintang, hingga resort yang ditawarkan untuk tempat menginap selama berlibur di sini.

Pantai Senggigi
Sumber: www. indonesiawow.com

Sekilas tentang Pantai Senggigi...
Pantai yang berlokasi di sebelah barat pesisir Pulau Lombok ini menawarkan panorama yang tidak kalah cantik dari spot wisata lainnya di Pulau Lombok. Dengan garis pantai yang panjang, Anda bisa melihat gradasi pada warna pasirnya, dari hitam ke putih. Ingin berenang atau bermain-main di air lautnya? Yap, Anda bisa melakukannya karena arus ombaknya yang tidak terlalu besar serta airnya yang sangat jernih, sehingga akan aman untuk bermain air.

Selain itu, Anda juga bisa snorkling untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang menakjubkan di Pantai Senggigi ini, namun untuk aktivitas berselancar sepertinya tidak, mengingat arus ombaknya yang kurang mendukung. Pantai ini juga menjadi tujuan para wisman, namun kebanyakan wisman lebih senang menghabiskan waktunya dengan berjemur.
  
Gunung Rinjani
Sumber:www.id.wikipedia.org
Sekilas tentang Gunung Rinjani...
Merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia. Gunung Rinjani ini juga menjadi gunung favorit para pendaki di Indonesia, loh! Daya tarik Gunung Rinjani tentu saja terletak pada keindahan pemandangannya. Para pendaki dan juga para traveller yang berkunjung akan dimanjakan dengan pesona alamnya yang eksotis, hamparan padang savana, hutan tropis, serta perbukitan yang luar biasa menjadi perfect view untuk semua orang yang datang ke Gunung Rinjani ini.

Lalu, bagaimana untuk menuju ke Pulau Lombok ya?
Ada banyak cara untuk sampai ke Pulau Lombok, dari jenis transportasi darat, laut, sampai udara. Namun tentu setiap rute yang ditempuh punya tingkat budget juga lama perjalanan yang berbeda-beda. Tergantung Anda prefer yang mana dan apa yang terpenting dalam sebuah perjalanan liburan menurut Anda? Untuk tahu lebih detail, simak rute pilihan menuju ke Lombok di bawah ini.
Menuju ke Pulau Lombok, Anda bisa menggunakan rute:

1. Rute Udara
Jika budget Anda cukup dan Anda ingin lebih cepat sampai ke Pulau Lombok, bisa menggunakan pesawat. Beberapa maskapai juga sudah melayani rute perjalanan ke Lombok, bahkan para agen travel pun berlomba menawarkan harga menarik.

Masih ingin sedikit mengirit?  Kalau begitu Anda bisa naik pesawat citilink. Pesawat citilink adalah salah satu maskapai rekomendasi yang aman dan cukup dikenal sebagai maskapai dengan "biaya yang rendah", sehingga maskapai ini menjadi salah satu incaran masyarakat, terutama masyarakat kalangan menegah ke bawah.

Sumber: www.en.wikipedia.org

Pesawat citilink dikhususkan untuk melayani rute domestik. Dan pada awalnya, citilink masih satu grup dengan maskapai besar yaitu Garuda Indonesia. Namun sekarang sudah berdiri sebagai badan bisnis yang mandiri, terpisah dari Garuda Indonesia. Dengan beban bagasi maksimum 20 kg dan 7 kg untuk bawaan kabin, harga yang sudah termasuk pajak, serta tawaran Kelas Ekonomi, menjadi nilai positif dan alasan tersendiri kenapa harga tiketnya cukup terjangkau.

Harga tiket pesawat citilink bisa dicek melalui website maskapainya langsung atau melalui citilink agent. Harga sudah pasti bervariasi, tapi secara keseluruhan untuk perjalanan Jakarta-Lombok berkisar Rp 500.000 sampai Rp 700.000 an.

2. Rute Darat dan Laut
Jika pemangkasan budget dari sisi transportasi adalah yang terpenting dan lama perjalanan bukanlah masalah untuk Anda, maka rute darat dan laut bisa menjadi pilihan. Menggunakan rute darat dan laut, pertama-tama Anda akan menggunakan transportasi darat yaitu kereta api yang nantinya menyambung kapal feri untuk menyeberangi selat Bali dan Lombok.

Keberangkatan dimulai dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Gubeng, Surabaya, lalu lanjut ke Stasiun Banyuwangi Baru. Sampai di Banyuwangi, ke Pelabuhan Ketapang. Berangkat dari Pelabuhan Ketapang menuju Terminal Ubung, lalu ke Pelabuhan Padang Bai. Lepas transportasi darat, lanjut dengan transportasi laut.

Sumber: www.aledhican.wordpress.com

Nah, dari sini Anda mulai menggunakan rute laut, dari Pelabuhan Padang Bai ke Pelabuhan Lembar, dan..sampailah Anda di kota Lombok! Sementara untuk menjangkau ke kotanya, bisa lanjut menggunakan bis, mobil sewaan, atau taksi dari Terminal Bartais.

Rute darat dan laut ini membutuhkan biaya transport kurang lebih Rp 370.000 – Rp 400.000. Jika dibandingkan rute udara, selisihnya bisa mencapai Rp 200.000 an, dihitung dengan perjalanan pulang pergi maka bisa berkisar Rp 400.000 – Rp 500.000.


Itu dia rute pilihan yang bisa Anda gunakan dan wisata alam nan indah di Lombok yang bisa Anda kunjungi. Nah, tinggal Anda yang menentukan pilihannya, prefer rute yang lebih hemat tapi cukup memakan waktu, atau rute yang lebih praktis, cepat dan nyaman? Apapun pilihan rutenya, semoga libura Anda aman dan berkesan selama di Lombok, ya. Selamat berlibur, traveller.

You Might Also Like

0 komentar