Goodreads: Sjahrir Peran Besar Bung Kecil

Selasa, September 08, 2015

Sjahrir: Peran Besar Bung KecilSjahrir: Peran Besar Bung Kecil by Tim Buku TEMPO
My rating: 3 of 5 stars

Sjahrir adalah peletak dasar diplomasi Indonesia. Kebijakannya kurang populer, tapi sebagai perdana menteri pertama Republik ia, saya pikir, telah melakukan tugasnya dengan baik. Ia memang pragmatis, tetapi ia meletakkan dasar agar Indonesia benar-benar bisa merdeka dengan cara diplomasi, tanpa perjuangan yang memakan banyak korban, karena salah satu elemen kemerdekaan adalah pengakuan dari negara lain.

Dalam buku "Sjahrir: Peran Besar Bung Kecil" kita dikenalkan dengan Sjahrir yang punya banyak andil dalam perjuangan pra-kemerdekaan dan pasca-kemerdekaan. Tentu banyak elemen dari ideologi, tokoh, dan organisasi yang saling beririsan maupun saling bertentangan tatkala awal-awal kemerdekaan. Sjahrir ikut bergumul di dalamnya. Saya kira penjelasan tentang Sjahrir dan perjuangannya dijelaskan secara baik tanpa dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangkan.

Tentu ada banyak perdebatan tentang perbedaan sikap dan pendapatnya dengan tokoh-tokoh lain, seperti Tan Malaka misalnya. Tetapi setelah saya baca dua buku dari Seri Tempo Bapak Bangsa ini, baik Sjahrir atau Tan Malaka, aliran perjuangan dari keduanya memang ada kurang dan lebihnya. Sayangnya kedua tokoh tidak seperti kita, mereka tidak punya kenikmatan untuk mengkritisi perjuangan mereka seperti yang kita lakukan sekarang setelah membaca buku tersebut.

Sjahrir dan banyak tokoh kemerdekaan lainnya punya akhir cerita yang tragis. Ia dibuang sebagai tahanan politik. Sementara Tan ditembak mati. Sukarno dan Hatta juga tragis. Beruntung kita hidup di jaman yang lebih baik dan bisa belajar banyak dari mereka.

Dengan kumpulan esai dan feature --atau ada yang menyebutnya jurnalisme sastrawi-- buku ini layak dibaca untuk orang-orang, seperti saya, yang ingin tahu tentang Sjahrir awal-awal. Artinya baru kenal Sjahrir. Buku ini adalah pengantarnya. Mungkin lebih baik setelah baca buku ini, baca buku biografi Sjahrir "Sjahrir: Politics and Exile in Indonesia", buku yang banyak dirujuk dalam tulisan-tulisan di buku ini.

View all my reviews

You Might Also Like

0 komentar