Cilacap Pathway: Esradja Cilacap dan Jalan Tidar

Sabtu, Juli 05, 2014

Esradja adalah sebuah kedai kuliner yang menyajikan berbagai menu serba durian. Sop duren adalah menu utamanya. Kedai kuliner Esradja pertama kali kami buka di kawasan Undip Tembalang, Semarang. Lalu pada 22 Juni lalu kami buka pula kedai Esradja di Cilacap, tepatnya di Jalan Tidar No. 89 Cilacap.

kedai Esradja Cilacap

Saya mengunjungi Esradja Cilacap pukul 3.00 sore, waktu ketika orang-orang pulang kerja dan waktu santap yang tepat untuk kudapan-kudapan ringan yang tidak terlalu mengenyangkan. Walaupun lalu lintasnya tidak terlalu ramai, di Cilacap ada beberapa jalur yang pada kiri dan kanannya terdapat kedai-kedai jajanan ringan, salah satunya Jalan Rinjani yang saya susuri setelah menyantap "Lontong Opor Pak Mul" saat pertama kali datang ke Cilacap beberapa waktu sebelumnya. Selain itu terdapat pula Jalan Tidar, tempat Esradja Cilacap dibuka.

Y&Y Gorengan Jalan Tidar
Setelah sempat mengunjungi kedai Esradja Cilacap, saya dan dua teman saya, Ibam dan Ryan, menyempatkan diri menyicipi gorengan yang dijajakan tidak jauh dari kedai Esradja Cilacap, "Y and Y" Gorengan namanya.
warung tenda Y&Y Gorengan

"Y and Y Gorengan" sedikit mengadopsi konsep warung hik [Solo], kucingan, atau angkringan [Semarang & Jogja]. Selain menjajakan berbagai gorengan seperti pisang goreng, tahu berontak, mendoan, dages [gorengan berbahan dasar ampas tahu], "Y and Y Gorengan" juga menjajakan menu-menu tambahan seperti lontong, nasi ketan, wedhang jahe, teh, dan susu.
jajanan Y&Y Gorengan

Pada warung tenda yang serupa dengan angkringan ini pembeli akan diberi selembar daun pisang sebagai alas menikmati gorengan dan berbagai jajanan yang ada.
penyajian jajanan dengan daun pisang

Begitulah cara penjual gorengan di Jalan Tidar Cilacap menjajakan dagangannya. Sederhana tapi khas sekali.

You Might Also Like

0 komentar