Piala Dunia 2014: Negara mana yang Anda dukung?

Senin, Juni 02, 2014

Penyelenggaraan piala dunia sudah di depan mata. Meskipun masih ada beberapa venue yang pengerjaannya belum rampung 100% --dan kabarnya Jerome Valcke terus menerus mencak-mencak karena ini-- dan gelombang protes penolakan penyelenggaraan piala dunia di Brazil juga masih ada, rasanya sulit untuk mengatakan bahwa piala dunia Brazil tidak akan dimulai. Penyelenggaraan piala dunia 2014 adalah sebuah keniscayaan untuk dijalankan.

Sebagai tuan rumah, Brazil tentu menjadi kandidat terkuat untuk menjuarai turnamen sepak bola paling akbar di dunia ini. Kegagalan menjadi juara dunia di kandang sendiri merupakan aib negara yang tidak bisa diterima.

Tahun 1954 lalu, ketika mereka menjadi tuan rumah piala dunia, Brazil berhasil mencapai final namun kalah di partai pamungkas melawan Uruguay di stadion Maracana. Alhasil, pemain-pemain timnas Brazil di piala dunia 1954 harus menanggung 'kutukan' sepanjang hayatnya. Selain tak boleh memperkuat timnas Brazil lagi, hidup para pemain angkatan 1954 ini disia-siakan.

Yang paling mengenaskan tentu Barbosa, kiper Brazil di piala dunia 1954. Ia bahkan sempat diusir saat mendatangi kamp latihan timnas Brazil, dan bahkan Barbosa yang tak punya keluarga dan hanya memiliki seorang anak angkat ini kuburnya disengketakan karena tak ada yang mau menanggung biaya pemakamannya, termasuk federasi sepak bola Brazil sendiri. Sungguh memilukan.

Walaupun saat ini rakyat Brazil mulai rasional --tidak mendewakan sepakbola di atas kepentingan kesejahteraan sosial-- namun tetap saja menjadi juara dunia merupakan keinginan rakyat Brazil yang juga harus ditunaikan. Hal inilah yang menjadi motivasi utama mengapa mereka harus jadi juara dunia.

Skuat Brazil pun saat ini diisi pemain-pemain mumpuni dan dengan jam terbang tinggi. Secara individu dan tim mereka sudah matang.

Itu soal Brazil. Untuk negara-negara lain, mana yang anda dukung?

Untuk piala dunia kali ini, saya mendukung tiga negara: Inggris, Jerman, dan Bosnia-Herzegovina.

Pertama, mendukung Inggris karena negara ini punya salah satu liga terbaik di dunia, Barclays Premier League. Publikasi yang kontinyu melalui tayangan televisi membuat orang-orang lebih sering menonton Liga Inggris daripada liga-liga lain. Tak terkecuali saya. Jadi kita bisa secara detail melihat bagaimana pemain-pemain dalam tim ini beranjak dan merangkak dari klub ke timnas.

Sejujurnya skuat timnas Inggris tidak bisa dianggap lebih baik dari dua pesaing utama mereka di grup D di Brazil nanti, Italia dan Uruguay. Uruguay pada piala dunia 2010 lalu berhasil menjadi juara ke-4, lalu pada Copa America 2011 mereka berhasil menjadi juara pertama. Sebagian besar skuat Uruguay pada 2010 dan 2011 juga masih dipertahankan untuk piala dunia 2014 kali ini.

Sementara itu, walaupun gagal pada piala dunia 2010, Italia tampil menawan pada Piala Eropa 2012 dan berhasil menjadi runner-up. Sebagian besar skuat mereka pada 2012 lalu pun juga masih dipertahankan pada piala dunia 2014 kali ini.

Inggris sendiri pada piala dunia 2010 lalu hanya sampai babak 16 besar, sementara pada Piala Eropa 2012 hanya mencapai 8 besar. Tidak hanya itu, skuat Inggris saat ini juga sedang dalam masa transisi. Banyak wajah-wajah baru yang beredar dalam skuat Inggris sejak kualifikasi pra-piala dunia.

Di depan, mereka punya Sturridge yang ditopang oleh Rooney yang bermain lebih ke dalam. Namun duel ini juga belum teruji. Apalagi dengan role yang dimainkan oleh Rooney, ia harus sering turun ke dalam. Hal ini justru sedikit mengurangi ketajamannya.

Sementara itu, kedalaman sekuat di lini depan juga tidak begitu bagus. Mereka punya Lambert dan Welbeck sebagai pelapis. Welbeck tampaknya akan lebih sering digeser ke sisi sayap tengah, seperti role yang sering ia mainkan di klub. Sementara itu, meskipun punya raihan positif  di klub, Lambert tak memiliki jam terbang internasional yang cukup. Rasanya sulit untuk mengharapkan pemain 32 tahun ini tampil baik di piala dunia nanti.

Di lini tengah semua orang menyoroti rising star Inggris, Adam Lalana yang pada uji coba terakhir melawan Peru bermain di 3/4 lapangan bersama Rooney dan Welbeck. Namun dengan caps yang masih minim, tentu sebaiknya kita tidak berekspektasi banyak dengan pemain ini.

Negara ke dua yang saya dukung setelah Inggris adalah Jerman. Jerman adalah negara yang sangat konsisten di piala dunia. Mereka punya skuat berpengalaman sejak piala dunia 2010 dan piala Eropa 2012, ditambah pemain-pemain baru penuh talenta seperti Schurrle dan Mario Gotze. Cukup bagi Jerman.

Negara ke tiga yang saya dukung adalah Bosnia-Herzegovina. Bosnia adalah negara pecahan Yugoslavia dengan mayoritas penduduknya adalah muslim. Mereka memproklamirkan kembali kemerdekaannya pada 1992 melalui sebuah referendum. Negara ini dirundung konflik berdarah berpuluh-puluh tahun, bahkan sejak berabad-abad lalu negara Balkan ini juga sudah mengalami konflik berkepanjangan.

Saya berharap Bosnia-Herzegovina melaju sejauh mungkin di piala dunia nanti. Dengan begitu mereka akan mendapatkan publikasi yang besar dari media dan cerita-cerita tentang negara mereka akan diangkat ke publik.

Itu negara yang saya dukung. Anda?

You Might Also Like

0 komentar

Daftar Bacaan

Like us on Facebook